Bersama Alumni Karangturi Semarang ’89

with 1 Comment
Karangturi '89 goes to Ijen
Karangturi ’89 goes to Ijen

Dalam perjalanan kali ini, OTTO Rangers bertugas untuk meng-arrange tur wisata om & tante yang merupakan alumni Sekolah Karangturi (Semarang) angkatan 1989. Beranggotakan 15 orang, kami berangkat dari Surabaya dengan menggunakan 1 buah Long ELF dan 1 buah Honda Mobilio.

Dibutuhkan waktu sekitar 9 jam untuk tiba di penginapan yang dekat dengan Gunung Ijen. Tiba sekitar pukul 17.00 WIB di Homestay Catimor membuat kami masih bisa menikmati pemandangan sekitar. Saat langit gelap, suasana pedesaan yang sunyi dan tenang sangat terasa. Kesunyian menjadi pecah ketika pengeras suara di Masjid sekitar homestay mengumandangkan suara pengajian. Ternyata suasana riuh juga terasa di dalam homestay. Om & tante Karangturi ’89 sedang asyik bernostalgia sambil bermain kartu.

Main Cap Sah sampai ngantuk
Main Cap Sah sampai ngantuk

Pukul 00.00 keesokan harinya kami bangun tidur dan bersiap untuk naik mobil menuju Paltuding (basecamp pendakian ke Kawah Ijen). Perjalanan yang membutuhkan waktu sekitar 45 menit membuat kami bisa menambah ‘jatah’ tidur di mobil. Ya lumayan lah untuk recharge sebelum trekking menuju Kawah Ijen.

Tiba di Paltuding, kami langsung didatangi oleh tour guide setempat. Sesuai aturan baru, wisatawan harus menggunakan jasa tour guide yang berasal dari desa setempat. Padahal sebelumnya kami sudah menyewa tour guide dari pihak homestay. Ternyata tour guide dari homestay tidak diijinkan untuk menemani wisatawan jika tidak ditemani oleh tour guide yang merupakan anggota HPKWI. Akhirnya kami gunakan jasa 2 tour guide untuk mengawal trekking 15 orang.

Perjalanan diawali dengan 1 grup besar. Karena menggunakan 2 tour guide + 1 tour leader, grup besar dipecah menjadi 3 grup kecil. Trekking yang dimulai pukul 01.30 WIB akhirnya membuathkan hasil. Grup pertama tiba di bibir kawah sekitar pukul 03.30 WIB. Grup kedua kemudian menyusul dan bersama-sama tiba di sekitar penambangan belerang sekitar pukul 04.00 WIB.

Blue Fire di Kawah Ijen
Blue Fire di Kawah Ijen

Blue Fire sudah terlihat dari bibir kawah. Kami harus jalan cepat menuruni jalur berbatu karena biasanya Blue Fire sudah tidak terlihat setelah pukul 05.00 WIB. Grup terakhir yang terpaut waktu sekitar 30 menit menjadi lebih semangat untuk mengejar agar masih bisa melihat Blue Fire dari jarak yang lebih dekat.

Akhirnya kami semua bisa melihat Blue Fire dari jarak yang lebih dekat (sekitar 5 meter) dan berfoto ria hingga api biru tidak terlihat lagi sekitar pukul 05.30 WIB. Meski tidak jauh berbeda dengan api biru kompor di tiap dapur, Blue Fire di kawah Ijen sungguh indah. Ditambah lagi dengan beredarnya kabar bahwa Blue Fire hanya ada 2 di dunia (di Alaska & Ijen) membuat kami berkesimpulan bahwa Anda harus berkunjung ke Kawah Ijen paling tidak sekali seumur hidup.

Oh iya, OTTO rangers telah membuat sebuah video perjalanan dari grup sekolah Karangturi ’89. Penasaran? Langsung aja ditonton di blogpost kami yang berjudul “Video – Everlasting Friendship“.

Karangturi '89 dengan background Blue Fire
Karangturi ’89 dengan background Blue Fire

Tertarik untuk berkunjung ke Ijen dan melihat langsung Blue Fire? Silakan cari tahu paket wisata yang telah kami sediakan.

WISATA IJEN & BROMO 3D2N

OTTO tour

Tour Organizer

+6285746611240 (WA) / +6285288776565

OTTO tour
Latest posts from
OTTO tour

Tour Organizer

Follow OTTO tour on :

BOOK HERE and get DISCOUNT!

One Response

  1. […] baca tulisan kami sebelumnya di Berburu Blue Fire di Kawah Ijen? Dalam blogpost ini kami akan menampilkan sebuah video dokumentasi perjalanan 3 hari 2 malam […]

Leave a Reply

Please wait...

DISCOUNT OF TRIP

Be the first who know our promo & discount