Air Terjun Cantik Di Perkebunan Kopi

with No Comments
Coban Tundo di Sumber Manjing Wetan
Coban Tundo di Sumber Manjing Wetan

Satu lagi destinasi wisata di Kabupaten Malang yang dapat kita kunjungi. Coban Tundo namanya. Penasaran dengan Coban Tundo?

Coban Tundo yang terletak di Sumber Manjing Wetan dapat diakses melalui 2 jalur, lewat Kecamatan Sukodono dan lewat Kecamatan Sumber Manjing Wetan sendiri. Gerbang masuk air terjun yang terletak di Kecamatan Sukodono harus ditempuh ekstra dengan melewati jalan setapak sekitar 1 jam. Konon kabarnya jalur ini relatif lebih mudah dilewati daripada melalui jalur selatan (lewat Sumber Manjing Wetan).

Jalur yang lebarnya hanya sekitar 1 meter ini bisa dilewati oleh sepeda motor atau jalan kaki. Jika tidak menggunakan sepeda motor, jasa ojek yang dijalankan oleh warga sekitar dapat Anda manfaatkan. Kondisi jalur yang akan dilewati sangatlah eksotis karena dikelilingi oleh perkebunan kopi dan pepohonan buah lainnya (seperti Durian). Namun tetap berhati-hatilah karena kondisinya sangatlah curam dan (mungkin) licin saat musim hujan.

Coban Tundo 1
Coban Tundo 1

Setelah sekitar 60 menit melewati jalur setapak, pengunjung akan melewati area parkir motor. Tanah dengan luas sekitar lapangan badminton awalnya merupakan kebun kopi yang sengaja dibuka untuk areal parkir. Dari areal parkir pengunjung harus jalan kaki selama 5 menit melewati kebun kopi hingga tiba di Coban Tundo 1.

Coban Tundo 1 merupakan air terjun yang letaknya paling atas. Cekungan yang menampung aliran air terjun memiliki kedalaman sekitar 2 meter. Naungan pohon besar di atas air terjun memungkinkan kita untuk tetap menikmati berenang di Coban Tundo 1 tanpa khawatir gosong terkena sinar matahari. Jika tidak bisa berenang, jangan khawatir karena warga sekitar menyewakan ban sebagai alat bantu renang.

Ada air terjun lainnya yang terletak di bawah Coban Tundo 1, yakni Coban Tundo 2. Menurut para wisatawan yang telah berkunjung, Coban Tundo 2 merupakan titik yang paling indah di kawasan air terjun Coban Tundo. Dari Coban Tundo 1 – pengunjung harus jalan kembali naik dan turun bukit sekitar 10 menit. Setelah mendekati cekungan (kolam) air terjun, pengunjung harus menuruni tangga yang tingginya sekitar 3 meter. Jika ingin langsung loncat menuju kolam juga bisa. Ingat, utamakan keselamatan.

Coban Tundo 2 - Paling Indah
Coban Tundo 2 – Paling Indah

Jika mulai merasa lapar dan haus, jangan khawatir karena ada beberapa penjual makanan di Coban Tundo 2. Mereka juga menyewakan ban sebagai pelampung bagi yang tidak bisa berenang. Jika Anda tidak bisa berenang, jangan sekali-sekali mempertaruhkan nyawa untuk berenang di Coban Tundo 2 yang dalamnya sekitar 7 meter.

Jika bisa berenang dan berani, ada banyak wahana yang bisa dicoba di Coban Tundo 2. Dari batuan sebelah kanan gambar, pengunjung bisa loncat dari ketinggian sekitar 5 meter. Dari batuan sebelah kiri gambar (dekat tangga), kita bisa bergelantungan dulu di ranting pohon yang menggantung dan kemudian loncat dari ketinggian sekitar 3 meter. Sungguh mengasyikkan jika berlama-lama di Coban Tundo 2.

Sebenarnya di bagian paling bawah ada air terjun Coban Tundo 3 yang lebih tinggi tebingnya. Namun sayang karena kolamnya kurang luas dan konon sangat dalam, sedikit sekali yang bermain di Coban Tundo 3. Dari Coban Tundo 2 menuju ke Coban Tundo 3 harus ditempuh dengan menuruni bukit sekitar 10 menit. Tidak disarankan untuk bermain air di area Coban Tundo 3 karena hampir tidak ada yang mengawasi di lokasi ini.

Penasaran dengan Coban Tundo? Sudah kami buatkan videonya. Silakan disimak..

Informasi tambahan & tips berkunjung ke Coban Tundo:

  1. Harap tiba sepagi mungkin
    Pengunjung Coban Tundo saat hari kerja dan bukan hari libur terbilang sangat sedikit. Namun menurut informasi yang saya dapatkan dari warga, saat weekend / hari libur ada puluhan bahkan ratusan wisatawan yang berkunjung ke Coban Tundo. Jika terpaksa berkunjung saat hari libur, datanglah sepagi mungkin. Hal ini juga menghindarkan Anda dari resiko jalan licin akibat hujan yang sering turun pada siang hingga sore hari.
  2. Jangan gunakan sepeda motor matic
    Jalur menuju Coban Tundo melewati perbukitan sehingga banyak memiliki tanjakan dan turunan curam. Jalan yang sempit dan tanjakan yang panjang membuat kewalahan sepeda motor bebek yang saya gunakan. Tidak terbayang jika saya menggunakan sepeda motor matic untuk jalur seperti itu. Ditambah lagi turunan yang curam pasti sangat berbahaya bagi sepeda motor matic yang tidak maksimal engine brake-nya. Karena itu hindari sepeda motor matic!
  3. Cek kondisi ban dan BBM motor
    Saya sarankan untuk menyisakan BBM sepeda motor minimal 1 liter di tangki untuk perjalanan pulang pergi di jalan setapak. Tidak ada penjual BBM di sepanjang jalan setapak yang durasinya sekitar 90 menit (pulang pergi). Selain itu persiapkan kondisi ban untuk melewati jalur licin dan berbatu. Jangan sampai sepeda motor Anda tergelincir karena ban terlalu tipis atau pecah (bocor) karena tekanan angin kurang sesuai.
  4. Loncat & renang boleh. Tapi ingat, jalur evakuasi jauh
    Kurangi resiko dengan tidak mencoba sesuatu yang terlalu berbahaya. Ingatlah, jalur evakuasi menuju desa terdekat membutuhkan waktu paling cepat 30 menit. Itupun pasti sangat merepotkan rekan-rekan Anda dan juga warga sekitar sebagai pengelola Coban Tundo.
  5. Bawa pakaian ganti
    Jangan lupa bawa pakaian ganti jika ingin berenang di Coban Tundo. Sangat disayangkan jika tidak merasakan sensasi segarnya air sungai di kawasan perbukitan Sumber Manjing Wetan (Kabupaten Malang).

Jangan tunda kesempatan berkunjung ke Coban Tundo! Jika kegiatan wisata di Malang ingin kami bantu, silakan menghubungi 085288776565 / 085746611240 (WA). Selamat berlibur 🙂

Sumber : anomharya.com

OTTO tour

Tour Organizer

+6285746611240 (WA) / +6285288776565

OTTO tour
Latest posts from
OTTO tour

Tour Organizer

Follow OTTO tour on :

BOOK HERE and get DISCOUNT!

Leave a Reply

Please wait...

DISCOUNT OF TRIP

Be the first who know our promo & discount