4 Jalur Sepeda di Bromo yang Wajib Dikunjungi

with No Comments
Mountain Biking in Bromo
Mountain Biking in Bromo

Keindahan Bromo sudah banyak diakui oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Di balik luasnya Lautan Pasir, ternyata juga banyak jalur-jalur setapak yang menyusuri keindahan alam khas pegunungan. Tidak heran jika Bromo menjadi pilihan destinasi bersepeda karena banyaknya jalur sepeda di sekitarnya. Kalau begitu, apa sajakah jalur sepeda yang ada di sekitar Gunung Bromo?

Bromo Classic (Lautan Pasir)

Bromo Classic
Bromo Classic

Ada yang menyebut jalur ini dengan jalur Bromo Classic, Lautan Pasir, dan juga jalur Tawaf. Entah dimulai dari JEMPLANG ataupun CEMORO LAWANG, yang pasti sekitar 70% dari jalur ini melewati pasir vulkanik Gunung Bromo. Untuk mengakses Lautan Pasir, sepeda harus melewati jalur turunan dari lokasi start. Jalur pasir yang panjangnya sekitar 18 km merupakan hamparan luas pasir yang pastinya jarang ditemui di jalur manapun. Itulah mengapa jalur Bromo Classic banyak diminati bagi para pesepeda Cross Country (XC).

Oh iya, beruntunglah jika Anda melewati jalur Bromo Classic ketika musim hujan karena pasir sangat bersahabat bagi dengkul. Bagaimana jika musim kemarau? Pasir yang dilewati menjadi gembur dan susah untuk digowes. Motor saja bisa berhenti karena terhalang pasir, apalagi sepeda yang bermesin dengkul? Untuk itu jika ingin bersepeda di Lautan Pasir mohon bersabar hingga musim penghujan datang (November – April).

Dingklik – Welang

Dingklik - Welang
Dingklik – Welang

Jalur Dingklik – Welang merupakan jalur sepeda bertipe Enduro Gravity dengan komposisi 90% turunan. Dari pengalaman saya mengantar komunitas untuk gowes di Bromo, jalur Dingklik – Welang banyak disukai oleh para pecinta turunan. Diawali dari titik bernama DINGLIK yang tingginya sekitar 2400 mdpl, akan dijelajahi kombinasi jalur aspal dan tanah sepanjang kurang lebih 40km. Dengan waktu tempuh normal sekitar 4 jam, petualangan diakhiri di Warung Renes yang berada di daerah WELANG dengan ketinggian sekitar 200 mdpl. Jika Anda pecinta turunan, jangan lewatkan kesempatan untuk bersepeda di jalur Dingklik – Welang.

Jemplang – Welang

Jemplang - Welang
Jemplang – Welang

Jalur Jemplang – Welang tidak jauh berbeda dengan jalur Dinglik – Welang yang telah saya sebutkan sebelumnya. Hanya saja section 1 dari jalur ini diawali dari JEMPLANG yang berada di ketinggian sekitar 2100 mdpl. Di awal jalur akan kita jelajahi jalur setapak dengan pemandangan luasnya Lautan Pasir dan Gunung Batok. Akan kita lewati juga NEW ZEALAND seperti ketika menjelajahi jalur Bromo Classic. Jalur yang bertipe All Mountain ini juga memiliki tanjakan aspal sekitar 1 km. Sangat menantang bagi Anda penyuka jalur turunan dengan variasi tanjakan. Disambung dengan section 2 & 3 yang berada di jalur Ngadirejo – Welang, rasanya lelah setelah nanjak hilang berkat turunan yang panjang. Berminat menjelajahi jalur Jemplang – Welang? Siapkan fisik dan mental Anda terlebih dulu.

5CM (Pananjakan – Sukapura)

5CM
5CM

Jalur 5CM merupakan jalur sepeda dengan start tertinggi (2700 mdpl) yang berada di sekitar Gunung Bromo. Sekitar 2 km di awal jalur akan kita hadapi naik turun bukit melewati jalur tanah setapak. Di sepanjang jalur yang melelahkan inilah banyak terdapat titik untuk menikmati pemandangan berupa Lautan Pasir dan kawah Gunung Bromo dari sisi yang tidak banyak diketahui wisatawan. Dengan total jarak sekitar 17km, kita akan turun hingga ketinggian sekitar 900 mdpl. Namun jangan terlena dengan panjangnya turunan karena sekitar 7 km sebelum finish akan diisi dengan turunan makadam (berbatu). Di sepanjang jalur makadam inilah banyak yang menyesal mengapa mereka memilih jalur 5CM. Namun itulah ciri khas jalur 5CM yang tidak dapat ditemukan di jalur lainnya. Jika ingin menjelajahi jalur 5CM disarankan untuk memeriksa brakepad / kampas rem (pastikan masih tebal) dan pastikan sistem pengereman bekerja dengan baik.

Jika belum mengerti dengan kondisi di Bromo, disarankan untuk membawa perlengkapan ini saat Anda berkunjung ke Bromo. Jika butuh dipandu untuk bersepeda di Bromo, telah kami siapkan paketnya : “Mountain Biking Tour – Bromo & Malang“. Semoga informasi yang kami berikan di tulisan ini bermanfaat 🙂

Sumber : anomharya.com

OTTO tour

Tour Organizer

+6285746611240 (WA) / +6285288776565

OTTO tour
Latest posts from
OTTO tour

Tour Organizer

Follow OTTO tour on :

BOOK HERE and get DISCOUNT!

Leave a Reply

Please wait...

DISCOUNT OF TRIP

Be the first who know our promo & discount